Selasa, 19 September 2017

AC Inverter vs AC Low watt, Pilih Mana?

Ac Terbaik

Jika Anda masih ingat produk AC yang pertama kali muncul adalah AC Window, dimana semua komponen pendingin terinstall dalam 1 box dan pemasangannya pun harus “membobol” dinding. Saat ini, AC window telah ditinggalkan, berganti dengan jenis-jenis AC lain yang lebih praktis, hemat energi dan cantik tampilannya, contohnya AC split dan AC duct. Selain itu, teknologi yang diterapkan pada unit AC pun juga semakin berkembang, yaitu dari teknologi low watt menuju teknologi inverter. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh tingginya demand konsumen akan produk AC terbaik yang mampu memberikan kontribusi positif terhadap penghematan energy.

                Sebagai konsumen, Anda mungkin merasa bahwa hal ini cukup membingungkan, karena konsumen biasanya hanya fokus kepada harga tanpa memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing. Artikel kali ini mencoba membahas secara sekilas tentang kelebihan dan kekurangan AC inverter dan AC low watt sebagai bekal Anda ketika hendak membeli AC.

1.    Lebih Irit Mana? Inverter atau Low Watt?
Pada dasarnya, AC low watt memiliki daya yang stabil dan lebih rendah sejak AC pertama dinyalakan. Sedangkan AC inverter ketika dinyalakan watt-nya akan langsung tinggi untuk mempercepat pendinginan, dan ketika suhu ruangan sudah sama dengan suhu remote maka watt-nya akan turun hingga watt terendah.

Nah, jawaban dari pertanyaan di atas adalah mana jenis AC terbaik untuk digunaka? Itu tergantung dari pemakaian Anda. Untuk ruangan yang hanya membutuhkan AC sebentar-sebentar saja, alias sering dinyalakan dan dimatikan dalam kurun waktu 2-3 jam, seperti ruang karaoke, maka AC low watt lebih irit. Sedangkan untuk ruang tidur dimana AC menyala lebih dari 8 jam sehari, maka AC inverter lebih irit karena AC jenis ini mampu menurunkan watt hingga 225 Watt terutama pada dini hari.

2.    Lebih Murah Mana?
Kalau untuk pertanyaan yang ini mudah sekali menjawabnya. Jelas lebih murah AC low watt daripada AC inverter. Akan tetapi, jawaban ini tidak akan berhenti disini. Membeli AC inverter dapat dikatakan sama dengan memiliki investasi untuk kesehatan jangka panjang.

Kenapa bisa demikian? AC inverter merupakan teknologi AC yang hemat energi, dan umumnya produk-produk AC inverter selalu dilengkapi dengan teknologi mutakhir semacam Aerowings, P-Tech, Nanoe-G yang berfungsi untuk mengontrol kualitas udara dalam ruang menjadi lebih bersih. Jadi, terlihatlah mahalnya dimana.

Setelah pemakaian lebih dari 1 tahun mungkin Anda akan mulai merasakan hematnya, karena tagihan listrik Anda tidak akan melonjak. Namun tetap kembali lagi ke tujuan penggunaannya, apakah hanya untuk dinyalakan 2 jam /2 hari atau berjam-jam setiap hari. Kami sarankan untuk membaca informasi-informasi produk AC terbaik yang beredar di pasaran, terutama mengenai fitur-fitur yang ditawarkan, sehingga Anda akan mendapat harga yang setimpal dengan barang yang Anda dapatkan.

3.    Lebih Dingin Mana?
Banyak konsumen yang menganggap bahwa AC low watt lebih dingin dari AC inverter, berdasarkan pengalaman. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Jika diamati, AC low watt yang menggunakan Freon R22 pasti lebih dingin daripada AC inverter yang menggunakan Freon R410A. Gambaran perbandingannya adalah, jika R22 memiliki index dingin 100, maka R410A hanya 96. Akan tetapi, Freon R22 merusak ozone, sedangkan Freon R410A lebih aman lingkungan.

Untungnya, sejak R22 dilarang digunakan karena sifatnya yang merusak lingkungan, ada penggantinya yaitu R32. Freon R32 tidak hanya aman lingkungan, namun juga memiliki index dingin hingga 160. Wah, dinginnya pasti menusuk tulang. Sebagai informasi, Daikin adalah merk AC terbaik pertama di dunia yang menerapkan Freon R32 terhitung mulai bulan Januari 2015 di Indonesia. Jadi, Anda sudah bisa menjawab pertanyaan di atas bukan?

Konsumen yang bijak adalah konsumen yang memiliki pengetahuan dan informasi yang lengkap akan produk yang akan dibeli sebelum memutuskan untuk memilih produk terbaik. Semoga informasi tentang AC terbaik ini dapat bermanfaat bagi Anda.

0 komentar

Posting Komentar